Sidebar Ads

header ads

Peringatan Hari Lahir Rayon PMII Ibnu Sina ke-30 tahun

     Bakti sosial adalah salah satu kegiatan dari rangkaian hari lahir rayon PMII Ibnu Sina yang ke 30. Bakti sosial kali ini dilakukan di dua tempat dan dua waktu yang berbeda. Bakti sosial (BAKSOS) pertama dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2022 di Musholla Al-Firdaus dimana ada lomba latih cerdik ceria yang diikuti oleh santriwan dan santriwati dari TPQ Al-Firdaus. Baksos yang kedua dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2022 di sekitaran Alun-Alun Kota Malang dengan kegiatan berupa pembagian sembako dan pakaian kepada tunawisma dan orang- orang yang membutuhkan.

Pada acara baksos yang pertama, diadakan perlombaan latih cerdik ceria. Lomba ini diadakan dengan ada 3 lomba yaitu mewarnai, menghafal surat pendek, dan lomba adzan. Peserta dari setiap lomba ini beragam sesuai dengan ketentuan dari panitia, dengan saran dari ustadzah TPQ. Pada lomba mewarnai diikuti oleh santriwan dan santriwati dari tingkat sekolah PAUD sampai kelas 3 SD, dengan catatan mereka membawa alat mewarnai sendiri. Kemudian, lomba menghafal surat pendek diikuti oleh santriwan dan santriwati dari kelas 3 SD sampai dengan kelas 6 SD. Begitu juga dengan lomba adzan.Namun, untuk lomba adzan hanya diikuti oleh santriwan dengan jenjang sekolah yang sama.

Pada acara baksos yang kedua, berupa pembagian sembako dan pakaian kepada tunawisma dan orang yang membutuhkan di sekitaran Alin-Alun Kota Malang. Sebelum kegiatan baksos kedua ini dilaksanakan, dilakukan open donasi. Sehingg,a siapapun yang memiliki kelebihan rezeki dapat ikut berpartisipasi dengan menitipkan uang atau barang donasi kepada kita untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan. Kegiatan ini dimulai malam hari karena untuk lebih memastikan sasaran yang dituju dari awal.

Dari seluruh rangkaian kegiatan ini, kami berharap sebagai mahasiswa untuk tidak hanya berfokus di kampus, tetapi juga bisa kritis terhadap masalah lingkungan dan masyarakat. Kebermanfaatan kami dalam masyarakat dan silaturahmi kami semoga dapat bertambah seterusnya. Kami juga berharap kegiatan ini menginspirasi kepada mahasiswa lain. Sehingga, kehadiran mahasiswa sebagai panutan masyarakat dapat terlihat dengan sering terlibat dalam kegiatan dengan masyarakat selain dari tempat perkuliahan.

Penulis: Sahabati Arin

Posting Komentar

0 Komentar