Sidebar Ads

header ads

Tips Begadang Sehat, Cobalah jika Kamu Harus Melakukannya


Seringkali kita begadang bukan karena kita mau tapi karena adanya sebuah tugas atau keharusan untuk begadang. Pertanyaan yang sering muncul dibenak kita adalah bila bahaya yang ditimbulkan akibat begadang ini sangat banyak, apakah ada sebuah solusi untuk menghilangkan dampaknya. Jawabannya adalah ada sebuah pencegahan untuk mengurangi efek negatifnya namun bukan berarti menghilangkan. Kami menyarankan Anda untuk tetap menghindari begadang sebisa mungkin karena tubuh kita dirancang oleh Sang Khaliq dengan sebuah keseimbangan. Ada saatnya bekerja dan ada saatnya juga untuk istirahat atau tidur. Namun jika Anda ternyata diharuskan begadang lebih sering maka kami menyarankan Anda melakukan beberapa pencegahan berikut ini.

1. Tidur siang terlabih dahulu

Jika berencana begadang, sebaiknya kita tidur siang terlebih dahulu baik tidur sebentar atau tidur lama pada siang atau sore hari. Hal ini akan membantu kamu untuk menambah "pasokan baterai tidur". Jika kamu menunggu untuk tidur kilat di tengah waktu ,kemungkinan besar justru kamu akan bablas tidur sampai pagi. 

2. Nyalakan lampu terang 
Ada sains dibalik mengapa kita lebih cepat mengantuk di malam hari. Tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membuat kita mengantuk, dengan bantuan kegelapan di malam hari.
Jika kamu ingin begadang, situasiakan lingkunganmu agar seterang mungkin. Sinar terang dapat memanipulasi sistem tubuh dan membuatnya mengira bahwa ini belum saatnya tidur. 

3. Boleh ngopi, tapi... 
Minum lebih dari dua gelas kopi saat begadang bukannya meningkatkan konsentrasi, namun justru akan membuat kamu gelisah dan hilang fokus loh. 
Jika kamu berencana begadang usahakan di siang hari sebelum begadang, kamu bisa minum kopi sebelum tidur siang. Minum kopi sebelum tidur siang akan menghilangkan efek inersia tidur alias teler setelah bangun tidur. Selama begadang gantilah secangkir kopi hangat kamu dengan segelas besar air putih. 

4. Camilan tinggi protein
Tubuhmu butuh sesuatu untuk dibakar agar bisa tetap berjaga sepanjang malam, khususnya jika kamu sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kerja otak intensif, seperti mengerjakan skripsi. Ngemil adalah ide terbaik. Tapi, jangan salah pilih ya. Permen, coklat, dan fast food termasuk makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana. Artinya, bisa membantu menyediakan tenaga ekstra namun tidak dapat bertahan lama, dan justru membuat kamu mengantuk. 

5. Jangan duduk diam, aktif bergerak! 
Jika kamu mengerjakan pekerjaan di meja, sering-seringlah beranjak bangun dan jalan-jalan sejenak. Hal ini dilakukan untuk membantu tubuh membawa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot-otot kamu. 
Ketika kamu mengerahkan energi fisik, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengingatkan agar otak tetap fokus dan waspada, tidak terhanyut dalam kantuk. 

Nah, itulah tips-tips sehat begadang. Tidak apa begadang sesekali untuk mengerjakan apa yang diperlukan. Tapi, jangan jadikan begadang sebagai bagian rutinitas harianmu ya :)


Salam pergerakan! 
Tangan terkepal dan maju ke muka



Sumber : idntimes.com

Posting Komentar

1 Komentar