Sidebar Ads

header ads

Membantu Sesama di Hari Lahir

 

Bakti Sosial Rayon PMII Ibnu Sina Sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Sesama  Manusia



Hari lahir merupakan hari yang paling dinantikan oleh semua orang. Momen ini menjadi sesuatu yang spesial. Karena dengan itu semua kita bisa menoleh ke belakang dan melihat hal apa yang telah di capai serta lalui selama ini. Pada tanggal 26 Februari Rayon PMII Ibnu Sina berulang tahun.Yang mana tepat di tahun ini Rayon PMII Ibnu Sina genap berusia 31 tahun, Suatu usia dimana menurut studi adalah usia paling enerjik seseorang. Semoga hal itu juga menjadikan Rayon PMII Ibnu Sina enerjik dan menjadi lebih baik kedepannya. Tapi, ulang tahun ini bukan hanya sebagai perayaan momentum biasa. Seperti nama PMII dimana ada kata “Pergerakan” di dalamnya. Maka Rayon PMII Ibnu Sina juga berinisiatif untuk meng implementasi dari nilai dasar pergerakan itu sendiri. Pada hari lahir yang ke-31 tahun ini Rayon PMII Ibnu Sina mengadakan serangkaian acara yang diantaranya lomba badminton dan bakti sosial.


Bakti sosial merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Kita dapat mewujudkan rasa kekerabatan, untuk meningkatkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli antar mahasiswa dengan masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan kita. Bakti sosial dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dari hari lahir Rayon PMII Ibnu Sina ke 31. Pada baksos yang dilaksanakan23 Februari, 2, dan 6 Maret 2023, para kader PMII Rayon Ibnu Sina membagikan makanan, roti dan sembako pada orang kurang mampu di sekitar Pasar Besar Kota Malang dan Alun Alun Kota Malang dan untuk sembakonya dibagikan pada warga kurang mampu di sekitar kontrakan..


Para kader Rayon PMII IBNU SINA melakukan open donasi dan juga iuran untuk menyalurkan rezekinya pada kegiatan baksos ini. Kader Rayon PMII IBNU SINA juga melakukan usaha dengan menjual minuman botol dingin dan juga aneka jajanan di CFD pada tanggal 12 Februari 2023. Dagangan ini juga di jual dengan sistem Pre Order yang ditargetkan kepada mahasiswa Universitas Negeri Malang.


Pada hari Kamis (23/02/2023) dimana para anggota Rayon PMII Ibnu Sina melaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos) yang pertama di sekitar alun-alun Kota Malang dan sepanjang jalan pasar besar. kegiatan ini dilakukan dengan membagikan 50 kotak nasi kepada gelandangan dan tukang becak yang ada di sana. Menurut Ayyub sebagai ketua pelaksana, baksos ini merupakan bentuk rasa syukur kita dan instropeksi diriterhadap apa yang kita miliki saat ini. kita patut bersyukur bahwasanya Allah SWT masih memberikan kita rezeki dalam bentuk materi, tenaga, dan nafas, sehingga kita masih bisa membagi rezeki kita kepada masyarakat kurang mampu. kita juga patut instropeksi diri, apakah kita layak terus mengeluh terhadap apa yang belum kita capai dalam kehidupan. padahal apa yang kita miliki saat ini, merupakan keinginan warga lain yang masih membutuhkan bantuan kita. Kegiatan Baksos ini diawali dengan doa kemudian dilanjutkan dengan berkeliling di area sekitar alun-alun kota Malang dan sepanjang jalan pasar besar. Disini kami mencari gelandangan, pengemis maupun tukang becak untuk berbagi makanan. saat pembagian baksos berupa nasi kotak ini mereka sangat senang dan merasa bersyukur karena masih ada orang yang peduli dengan keadaan dan kondisi mereka.


Bakti Sosial kedua dilaksanakan pada hari Kamis (02/03/2023) dengan membagikan sekitar 100 kotak roti. kegiatan ini dilakukan pada tempat yang sama dengan baksos pertama yaitu disekitar alun-alun kota Malang dan sepanjang jalan pasar besar. Kegiatan baksos kedua ini dilaksanakan dengan membagikan roti-roti sisa acara harlah kepada gelandangan, pengemis dan tukang becak. Seperti biasanya, kegiatan ini selalu diawali dengan doa. kemudian dilanjutkan dengan membagikan roti kepada gelandangan, pengemis dan tukang becak disekitar alun-alun kota Malang dan sepanjang jalan pasar besar. raut wajah mereka yang bahagia saat mengetahui kami akan memberikan makanan berupa roti adalah salah satu bentuk sikap bersyukur mereka karena masih ada yang peduli dengan keadaan dan kondisi mereka. Ada dua tukang becak yang terlihat sedang beristirahat dan menunggu penumpang, ketika salah satu dari kami menghampiri mereka untuk membagikan roti tersebut mereka tersenyum bahagia menerima sedikit rezeki tersebut dan salah satu dari mereka memanggil teman-temannya sesama tukang becak agar sama-sama mendapatkan roti yang kami bagikan. betapa senangnya mereka mendapatkan rezeki tersebut di tengah lelahnya mencari nafkah untuk keluarganya. setelah roti yang kami bagikan habis terbagi, kami berkumpul untuk berdoa dan bersiap untuk pulang.


Pada hari senin (06/03/2023) kami melaksanakan baksos yang ketiga kalinya. Bakti Sosial kali ini dilaksanakan dengan membagikan sembako kepada ibu-ibu janda dan masyarakat kurang mampu di sekitar kontrakan. Data warga kurang mampu dan janda didapatkan dari ketua RT setempat. Bapak ketua RT juga melakukan pendampingan saat pembagian sembako ini dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan esensi dari pergerakan Kader Rayon PMII IBNU SINA kepada lingkungan sekitar camp Rayon PMII IBNU SINA.


Rangkaian kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk hubungan manusia dengan sesama dan juga manusia dengan Allah SWT. Harapannya dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang kurang mampu dan mengalami kesusahan, dapat terhibur dan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi mereka dan menjadi berkah. Selain itu, melalui kegiatan ini juga bisa menjadi pelajaran agar kita sebagai makhluk sosial dapat menyadari pentingnya peduli terhadap sesama, sesibuk apapun seseorang jika ada kesempatan luangkan waktu untuk bersedekah dan menolong mereka yang mengalami kesulitan, kita juga sepatutnya harus bersyukur atas segala rezeki yang telah diberikan oleh Allah kepada kita.

Posting Komentar

1 Komentar