Sidebar Ads

header ads

MAPABA RAYON PMII IBNU SINA 2022: MENYIAPKAN GENERASI CANTIK

MAPABA RAYON PMII IBNU SINA 2022: Menyiapkan generasi CANTIK (Cerdas, Agamis, Nasionalis, Tangguh, Ilmiah dan Kritis))


Kaderisasi merupakan kegiatan dari suatu organisasi guna mempersiapkan calon calon yang kelak diharapkan dapat mengisi posisi dari kader sebelumnya dengan fokus untuk memperjuangkan visi dan misi dari organisasi tersebut. Proses ini dapat kita sebut pula sebagai regenerasi. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon PMII Ibnu Sina  menggelar MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru) Raya Tahun 2022 yang berlangsung di SMP NU Bululawang pada Jum’at (25/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022). Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi para calon sahabat/i agar dapat bergabung dan berproses bersama keluarga besar Rayon PMII Ibnu Sina. 

 

Mengusung tema, “Menyiapkan Kader Generasi yang Berjiwa CANTIK (Cerdas, Agamis, Nasionalis, Tangguh, Ilmiah dan Kritis) Melalui Transfer Nilai Pergerakan”. Dengan harapan akan menimbulkan semangat untuk mengikuti acara MAPABA 2022. Generasi baru yang penuh semangat untuk berproses bersama di PMII dan berkeyakinan bahwa PMII adalah organisasi yang tepat. Adanya kegiatan MAPABA ini merupakan gerbang awal berproses dalam PMII.

Pembukaan acara MAPABA dimulai dengan bacaan ayat suci Al-Qur’an kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya,Mars PMII dan Yalal Wathan. Sambutan dari ketua panitia, ketua rayon serta ketua Komisariat Sunan Kalijaga. Pembukaan acara Mapaba di tutup dengan pembacaan doa. " Dengan telah terselenggaranya mapaba ini yang merupakan gerbang masuk untuk berproses di PMII, harapannya dari sahabat/i anggota baru bisa cepat beradaptasi dengan kultur yang ada sehingga bisa maksimal dalam berproses di rayon serta untuk anggota/kader yang lama bisa tetap mengayomi dan membimbing adik-adiknya sehingga tercipta silaturrahim yang baik antar anggota sehingga bisa saling bersinergis satu sama lain baik di kegiatan rayon maupun dalam lingkup perkuliahan” Harapan dari Sahabat Jazil Saidan selaku Ketua Rayon PMII Ibnu Sina.

Kegiatan MAPABA tahun ini terdapat 8 materi yang diisi oleh pemateri yang sudah handal di bidangnya. Dimulai dari stadium General oleh sahabat Saiful. Dilanjutkan materi Keaswajaan oleh Sahabat Yana. Lalu keesokan harinya dimulai dari materi Keindonesiaan oleh sahabat Kharis, materi Study Gender oleh Sahabati Aida, materi kemahasiswaan oleh sahabat Zirhan, materi NDP oleh sahabat Ali, materi KePMIIan oleh sahabati Naja dan diakhiri oleh materi Analisis Sosial oleh sahabat Diky. Setelah materi disampaikan, peserta dianjurkan untuk mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang didampingi oleh beberapa fasilitator.

Pada hari ketiga yaitu hari terakhir, kegiatan mapaba dimulai dari penguatan materi dan kePMIIannya dan dilanjutkan prosesi pembaiatan di lokasi MAPABA yang dihadiri oleh seluruh peserta MAPABA dan sahabat sahabati undangan. Dan di pagi hari diakhiri dengan acara penutupan simbolis dan peresmian untuk menjadi bagian dari keluarga besar Rayon PMII Ibnu Sina. Selamat bergabung dan semangat berproses untuk sahabat sahabati semua. Salam Pergerakan!.


Oleh: Sahabati Putri Cahya Wulandari

Posting Komentar

0 Komentar