Sidebar Ads

header ads

Tips Mendapatkan Nilai yang Memuaskan untuk Mempertahankan IPK


Selamat buat kamu yang resmi menyandang status sebagai mahasiswa. Apa yang kamu rasakan sekarang? bahagia, stres atau justru biasa saja? Kalau saya dulu merasakan bahagia namun juga stres karena harus menghadapi masa perkuliahan. Namun setelah mencoba masa pengenalan hingga masuk kelas, rasa stres hilang dan penasaran pun muncul. Saat duduk di bangku SMA, sistem penilaian setiap semester atau dalam rapot menggunakan bobot nilai A, B, C, D dengan tambahan nilai-nilai berbentuk angka. Nah, sistem penilaian di perguruan tinggi itu adalah nilai IPK. IPK merupakan angka yang menunjukkan prestasi atau keberhasilan studi mahasiswa dari semester pertama sampai dengan semester terakhir, yang telah ditempuh secara kumulatif. Cara penghitungannya pun relatif lebih mudah, yakni dengan menggabungkan semua IP dan dibagi dengan jumlah semester berlangsungnya pendidikan. Pertanyaan yang mungkin terpikirkan saat ini adalah bagaimana cara kita untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai IPK kita. Berikut adalah tips-tips dari kami. 

1. AKTIF DALAM PERKULIAHAN 
Rajin bertanya dan memberikan pendapat saat di dalam kelas. Hal itu dikarenakan bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengajukan pendapat adalah partisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Selain bermanfaat untuk melatih inisiatif dan menambah nilai, kamu juga akan dikenal dosen. 

2. RAJIN MEMBACA
Sebenarnya kegemaran membaca bukanlah hal aneh bagi mahasiswa. Membaca baik itu membaca buku, artikel, jurnal maupun berbagai informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas diri. 

3. MEMILIKI PARTNER BELAJAR
Bagi sebagian orang, belajar efektif bila dilakukan bersama-sama. Ada orang yang dapat dijadikan tempat bertanya maupun diskusi. Orang itupun bisa siapa saja yang memang berkompetensi atas hal yang kalian pelajari.

4. CATAT POIN-POIN YANG DISAMPAIKAN DOSEN
Hal ini akan memberikan keuntungan bagi kalian dengan menulis kalimat-kalimat yang lebih disukai atau pahami tanpa keluar dari konteks materi. Kamu juga akan sangat terbantu ketika menjawab soal-soal atas materi yang disampaikan oleh dosen.

5. KERJAKAN DAN KUMPULKAN TUGAS TEPAT WAKTU
Jangan lupakan kualitas tugas yang dikumpulkan, jangan sekedar copas dari teman. Atur waktu kamu dengan baik. Bagi waktu kamu antara main, mengerjakan tugas dan organisasi. Jadi jangan sepelekan tugas dan deadline-nya.

6. PERHATIKAN DAFTAR KEHADIRAN ALIAS PRESENSI
Jangan sampai tidak mengikuti UAS gara-gara presensi kurang dari batas minimal kehadiran. Apalagi kalau ketahuan 'titip absen' akan dapat dipastikan dicap 'minus' oleh dosen kamu. Konsekuensinya pasti akan berujung negatif pada nilaimu

Itulah tips-tips dari kami tentang bagaimana cara kita mendapatkan nilai yang memuaskan untuk mempertahankan IPK. Ingat, tak hanya proses belajar yang matang namun kamu pun juga butuh strategi belajar yang cerdas. Semoga bermanfaat yaa..

Salam Pergerakan! 
Tangan terkepal dan maju ke muka 

Penulis : Titin Sri Wahyuni
Penyunting : Hanif 'Izzuddin Zakly
Sumber : zonamahasiswa.com

Posting Komentar

0 Komentar