Sidebar Ads

header ads

PANDEMI TIDAK MENGHALANGI RAYON PMII IBNU SINA UNTUK MELAKSANAKAN KADERISASI

 

Malang, 11 November 2020





Masa Penerimaan Anggota Baru atau yang biasa disebut dengan "MAPABA" adalah fase orientasi dan gerbang awal mahasiswa untuk berkenalan secara langsung dengan PMII dalam rangka rekruitmen mahasiswa untuk menjadi anggota PMII. Mapaba merupakan jenjang kaderisasi formal yang pertama dalam PMII, dimana setiap rayon dianjurkan untuk mengadakannya guna meneruskan estafet generasi rayon ke depan. Adapun Rayon PMII Ibnu Sina sendiri telah selesai melaksanakan MAPABA yang diadakan mulai tanggal 29 Oktober 2020 sampai 01 November 2020 dengan tema "Membentuk Insan Ulul Albab yang Ahlus Sunnah Wal Jama'ah dalam Bingkai Pergerakan". Melalui tema yang diusung, diharapkan kader PMII nantinya dalam bertindak dan berpikir dalam menghadapi persoalan-persoalan agama sekaligus urusan sosial masyarakat  tetap menanamkan nilai-nilai ASWAJA, dimana peran ASWAJA adalah sebagai manhajul fikr.

Adanya pandemi COVID-19 menjadi alasan pelaksanaan MAPABA secara virtual melalui google meet. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat panitia dan para peserta dalam mengikuti serangkaian acara MAPABA. Hal ini terbukti dengan meningkatnya secara drastis jumlah peserta MAPABA 2020.

Dalam MAPABA tahun ini, ada 6 materi yang diangkat oleh panitia, yaitu; kemahasiswaan, ke-Indonesia-an, ke-ASWAJA-an, ke-PMII-an, Nilai Dasar Pergerakan (NDP), dan Study Gender. Diharapkan dengan ke-6 materi tersebut dapat menjawab apa yang dicari dan akan ditemui oleh kader PMII nantinya, sehingga tujuan serta citra diri PMII dapat terwujud dan terbentuk. "Dari acara MAPABA saya mendapatkan banyak materi PMII, ke-Indonesia-an, dan materi sosial. Selain itu, walaupun pelaksanaannya secara daring, kegiatan interaksi antar anggota juga tetap berjalan dengan baik. Harapannya semoga tahun depan sudah bisa luring”. Ujar salah satu peserta MAPABA.

Tanggapan dari Sahabat Kharis selaku Ketua Rayon PMII Ibnu Sina juga sangat baik. Ketua Rayon sangat mengapresiasi panitia yang turut andil meneteskan segenap keringat, tenaga, dan pikiran dalam meneruskan estafet kaderisasi Ibnu Sina. Pun juga menegaskan kepada peserta bahwa dengan mengikuti MAPABA 2020 secara resmi mereka telah masuk dalam dunia pergerakan. Meskipun dilaksanakan dengan online tidak akan mengurangi kekhidmatan ataupun usaha peserta dan panitia untuk terjun dan berproses dalam dunia pergerakan. Mari berproses bersama dan saling menggenggam erat tali pergerakan. Kemudian untuk seluruh panitia sekaligus pengurus tetap jalin solidaritas serta sinergitas seluruh lini kaderisasi Rayon PMII Ibnu Sina. Terimakasih, selamat telah melaksanakan mapaba serta tetap semangat untuk tahap kaderisasi selanjutnya. Ilmu dan bakti ku berikan. Adil dan makmur kuperjuangkan. Salam Pergerakan!". Jelas Sahabat Kharis.



Posting Komentar

0 Komentar